Tidak berharap banyak dengan Force FI

Masih tentang Yamaha Force Fi yang sedang hangat hangat nya di dumay, sebuah motor moped yang saya rasa lebih lekat ke arah Vega RR, namun yamaha malah membungkusnya dengan sebuah jenis baru yang katanya reborn dari sang legendaris F1zr.
Karburator F1ZR Cukup Mumpuni

Tapi rasa rasanya kok malah F1zr turun tahta..???? ceritanya begini sobat,,,
Dulu kala, F1Zr saat masih produksi dulu adalah bebek kasta paling atas di yamaha. Harganya saja di atas vega dan jupiter. Ingat kan, ke tiganya pernah di jual bersamaan.
Yang paling murah adalah Vega lalu Jupiter dan F1zr. dari posisi harga, kok malah terbalik sekarang, Force ini malah sangat erat kaitannya dengan Vega. Woww, artinya turun 2 derajat. :D
force fiNyomot gambarnya mas Tmcblog.com

Pertanyaannya, kenapa saya memposisikan Force=Vega.
Di vietnam Generasi Sirius FI adalah lanjutan dari generasi sirius lama yang notabene model nya adalah sama dengan vega. di thailand, sama aja. Spark 115 adalah generasi Veganya indonesia. jadi secara perhitungan tambah tambah kurang kurang :D Force ini adalah Vega Fi Indonesia.
yamaha-serius-rc-fi-2

Saya rasa Yamaha salah pilih dengan me reborn nama besar Force ini dengan VEGA Fi.

Sekian, terima kasih, wassalamualaikum… salam VEGA Fi.. :D

About these ads

17 thoughts on “Tidak berharap banyak dengan Force FI

  1. kelas entri level injeksi

    shooter
    power 9,3 ps
    torsi 9,1 nm
    bobot 91 kg
    harga 11 jtan

    vega force
    power 8,72 ps down grade dr mesin z1 10 ps
    torsi ?
    bobot 98 kg
    harga 13 jt-an

    power kalah telak, harga kalah telak

    • orang beli motor gak liat spek diatas kertas mas, yang penting bandel, bisa diajak kerja keras, body tidak mudah rontok, bengkel dan spare part ada dimana mana, kalau dijual lagi tidak jatuh harganya. Lihat saja ntar dilapangan, mana yang lebih laku.

  2. IMHO, sebetulnya bukan turun derajat, tapi emang menggantikan bebek mid-end yamaha yang kosong setelah F1Zr pensiun. sekadar catatan saat FIZr masih ada posisinya emang termahal diantara Vega (pengembangan dari Crypton) & Jupiter (100cc).
    Wajar mengingat gak mungkin Yamaha menjual Jupiter(100cc) lebih mahal dari FIZr yang punya cc lebih besar (FIZr 110cc).
    Tapi saat Jupiter Z (113cc) rilis dan old Jupiter discontinue, ada repositioning harga dimana FIZr menjadi dibawah JupieZ yang dijual lebih mahal dari old Jupiter dan FIZr. Dan jadilah JupieZ menjadi bebek kasta tertinggi YIMM sebelum lahirnya MX 135 yang diposisikan menantang CS1 & FU150. produksi MX sendiri menggantikan line produksi FIZr yang disuntik mati, jadi perakitannya tidak mengganggu kapasitas lini produksi yang lain.
    Nahh….saat ini berhubung YIMM punya pabrik baru yang kapasitasnya lebih besar, dan melihat kekosongan lini mid-end untuk pasar anak muda, juga melihat digempurnya duet vega-Jupiter oleh trio revo-blade-supra, Yamaha menghidupkan Force lagi, agar pertempuran menjadi three on three, dimana Vega vs Revo, Force vs Blade, dan Jupiter vs Supra,. CMIIW..

      • Jupiter 100cc harganya memang kisaran 12 jutaan, tapi Jupiter Z yang dirilis pertama kali tahun 2003 akhir, harga OTR Jakarta Rp.13.400.000,-. Di luar Jkt mungkin lebih mahal lagi. dia jadi varian bebek termahal Yamaha sebelum dilengserkan Jupiter MX. Ane ingat karena jadi salah satu pemilik pertama bebek ini dulu jaman kuliah. mungkin bro ditawarin harga Jupiter 11 jutaan itu udah di diskon berhubung mau discontinue, karena Jupiter Z akan lahir ^_^.

  3. nambahin lagi sebelum kelupaan…
    Vega adalah reborn dari Crypton yang kurang sukses di pasaran, Sedangkan Crypton sendiri adalah versi 4 tak dari Force1 yang 2 tak.
    Secara kasat mata Crypton & Force1 sama persis, hanya beda di mesin aja dan juga beda stripping tentunya..
    Jadi kalo dibilang Vega RR mirip Force Fi, yahh…gimanaa..secara DNA aja emang keduanya berhubungan, sejak jaman Crypton & Force1. CMIIW…

    • Yup, betul mas bro.. Untuk beralih ke 4 tak dan mengikuti jejak honda yang menguasai nya, yamaha mengeluarkan model 2 tak nya dengan mesin 4 tak. makanya crypton lahir dari force1 dan vega lahir dari F1zr.

  4. SAYA DULU SUKA BALAP DI KEMAYORAN WAKTU ITU PAKE RX KING, RXZ ATAU RGR. SEKARANG KALO PAKE MOTOR TERSEBUT BENSINNYA BIKIN TONGPES. MENDING PAKE FIZR AJA. BIAR SUDAH UMUR 10 TAHUN LEBIH, MASIH SANGGUP UNTUK MENGASAPI FU MEGA PRO ATAU VIXION. FIZR MEMANG TIDAK SALAH DISEBUT SEBAGAI SANG LEGENDA JAWARAH MOTOR BEBEK DI INDONESIA……

  5. Yamaha Force 4tak sdh menganti minus 2 di vega belom? Sperti tidak monosock, suspensi keras ( bukan showa )pelek kecil ( kurang lebar) jd kelihatan cungkring dan cemen. Juga engine hanya 4 speed tidak 5 speed.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s