Advertisements

Skutik Listrik Yamaha E01 Meluncur di Thailand, Disini Kapan?

Roda2makassar.com – Pada ajang pameran Bangkok Motor Show 2022, motor listrik terbaru Yamaha E01 akhirnya meluncur di Thailand. Sebelumnya, skutik E01 telah diperkenalkan di Eropa, yang menjadi senjata baru Yamaha di segmen elektrik bike, motor listrik Yamaha E01 tampil di booth Yamaha dan menyita perhatian banyak orang, karena memiliki kesamaan desain di beberapa bagian dengan skutik Yamaha NMAX.

Tampil pertama kali pada Tokyo Motor Show 2019, versi konsep motor ini terasa berbeda dengan yang sekarang. Salah satunya model lampu yang awalnya berada di tebeng depan, ternyata sekarang meniru lampu projector seperti Yamaha R1, yang letaknya berada agak ke bawah. Selanjutnya adalah bagian yang membuat motor ini mirip sekali dengan NMAX, yakni setang kemudi yang terbilang tinggi, lengkap dengan adjustable windscreen yang lebih modern. Bagian kaki-kaki juga mirip dengan NMAX, termasuk desain peleknya.

Sedangkan bagian tebeng depan yang awalnya dikira lampu utama, ternyata adalah posisi soket charger dengan penutup untuk pengisian daya. Bicara soal mesin listrik, di atas kertas, tenaga maksimum tercatat 8,1 kW atau setara 10,86 tk pada 5.000 rpm dan torsi 30 Nm pada 2.000 rpm. Keistimewaan Yamaha E01 adalah menggunakan energi listrik 100 persen dan mampu menempuh jarak maksimal hingga 104 km.

Jarak maksimal itu bisa didapat dengan kecepatan konstan 60 kpj. Sementara itu, motor ini bisa mencapai kecepatan maksimum 100 kpj, serta bisa berakselerasi 0-50 kpj dalam 3,9 detik.

Motor listrik ini punya tiga mode pengisi daya, yakni pengisi daya cepat, pengisi daya normal, dan pengisi daya portabel. Dengan pengisi daya cepat, isi ulang baterai 0-90 persen bisa tuntas dalam 1 jam. Sementara untuk pengisian normal 0-100 persen membutuhkan waktu 5 jam.

Adapun, jika menggunakan pengisi daya portabel yang disimpan di bawah jok, saat melakukan pengisian 0-100 persen memakan waktu 14 jam. Saat ini NMAX listrik Yamaha E01 belum dijual secara resmi. Meski begitu, rumors mengatakan bahwa motor ini bakal dibanderol sekitar 150.000 baht atau setara Rp 64 jutaan di Thailand. Sedangkan di Jepang, kabarnya motor ini mulai disewakan pada Juli nanti.

Kira-kira kapan masuk di Indonesia, biasanya setelah yamaha E01 meluncur di Thailand kita tinggal menunggu beberapa bulan sebelum masuk di Indonesia, jadi semester tiga atau empat tahun ini kemungkinan besar masuk disini juga.

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version