Advertisements

Langkah-Langkah Mengecat Plastik Primer di Motor atau Mobil

Roda2makassar.com – Halo bosku semua, R2M kali ini akan membahas sedikit tentang langkah-langka mengecat plastik primer di motor atau mobil, mungkin ada yang belum tahu plastik primer itu yang mana, jadi plastik primer itu adalah bagian body motor atau mobil yang teksturnya kasar dan  biasanya tidak dicat oleh pabrik.

Pada bagian motor pasti tahu semua bagian ini, misalnya batok belakang stang, spakbor belakang, cover knalpot, tebeng depan dan belakang, maupun beberapa bagian body, ciri-cirinya kalau ngak kasar, yah bermotif seperti motif karbon dll.

Kondisi awal

Masalah ketika mengecat plastik primer adalah cat yang gampang sekali terkelupas, intinya, cat apapun yang digunakan bakal terangkat karena tidak menyatu dengan plastik primer atau plastik PP (PolyPropylene) ini.

Plastik PP ini juga sangat rentan rusak akibat cuaca, bisa lihat terutama di motor-motor Honda, parts ini sangat cepat rusak, awalnya terlihat kusam dan akhirnya terkelupas sedikit demi sedikit, walau harga parts ini lebih murah dari bagian plastik ABS, namun kadang risih juga jika tiap tahun harus ganti karena rusak.

Nah, berikut R2M berikan tips bagaimana cara mengecat bagian ini agak tidak mudah terkelupas, bahkan digores pun warnanya tidak akan terangkat, yang jadi bahan praktek adalah handle pintu dalam Toyota Agya yang awalnya berwarna silver namun lama kelamaan jadi pudar dan belang-belang.

Karena warnanya aslinya silver maka R2M siapkan 3 macam cat jenis aerosol saja biar bisa dilakukan sendiri dengan mudah tanpa kompresor, yang pertama adalah Cat PP Primer, kedua adalah cat warna Silver dan yang ketiga adalah Clear doff sebagai anti gores, semuanya adalah merek Sapporo Ultimate yang R2M pakai juga di motor Yamaha Nuovo Z.

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah pengamplasan biar goresan-goresan lama sedikit hilang, kemudian dilanjutkan dengan pengeringan dan R2M menutup sedikit bagian yang tidak diinginkan terkena cat.

Setelah itu, mulai dengan penyemprotan PP Primer sebagai dasar dan inti pengecatan, karena dasar inilah yang akan menyatukan Plastik PP dengan Cat nantinya, penyemprotan 2 lapis dan tipis-tipis saja.

Setelah kering sentuh, lanjut saja dengan warna silver 2 lapis dengan selang waktu sekitar 10 menit atau tunggu saja hingga kering diikuti dengan penyemprotan clear, itu juga 2 lapis biar tahan lama.

Hasilnya bisa kalian lihat sekarang, handle bagian dalam mobil Agya kembali jadi baru dan Insya Allah akan tahan lama tidak seperti warna aslinya yang cepat sekali pudar.

Kembali jadi baru
Kembali Jadi Baru

Bagaimana, gampang kan, untuk jenis catnya kalian bisa dapatkan didistributor resmi Sapporo Spray diwilayah masing-masing, kalau untuk wilayah Makassar dan sekitarnya, hubungi saja R2M di 085228190745. 😀

Kembali jadi baru

 

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

11 komentar pada “Langkah-Langkah Mengecat Plastik Primer di Motor atau Mobil

  • keneketo – konten kreator
    Februari 4, 2020 pada 2:47 am
    Permalink

    wah boleh juga nih produk, komplit dari dasar sampai clear tersedia

    Balas
  • rudyasmandara
    Februari 4, 2020 pada 8:18 am
    Permalink

    Ternyata harus pakai cat primer dulu untuk mengecat bagian yang bertekstur kasar

    Balas
  • goozir
    Februari 5, 2020 pada 2:06 pm
    Permalink

    Makasih ilmunya om kapan2 praktek buat motor

    Balas
  • motogokil – I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.
    Februari 5, 2020 pada 8:29 pm
    Permalink

    Joss hasilnya
    Btw itu 3 macem cet hatganya sama?

    Balas
  • A'A – tulungagung
    Februari 5, 2020 pada 9:00 pm
    Permalink

    Joss… nice tips om…

    Balas
  • Elang Jalanan – Blogger, Linux admin, MX Rider
    Februari 5, 2020 pada 9:30 pm
    Permalink

    Joss, kapan2 bikin tutorial DIY ngecat velg sendiri ah

    Balas
  • SatuAspal.Com
    Februari 6, 2020 pada 4:50 pm
    Permalink

    Inspiratif lek, sampean rajin tenan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Exit mobile version