Harusnya sih SUV itu RWD atau sekalian AWD

Sport utility vehicle, disingkat SUV, adalah jenis kendaraan penumpang yang digabungkan dengan kemampuan membawa penumpang dan juga barang dengan kelincahan truk pickup. [1] Biasanya mobil yang digolongkan sebagai SUV dilengkapi dengan penggerak 4 roda agar bisa digunakan off-road. Meskipun begitu, banyak mobil SUV di Indonesia tidak dilengkapi dengan penggerak 4 roda. SUV yang dilengkapi dengan jajaran penggerak 4 roda diantaranya Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Ford Everest, dan Chevrolet Captiva.

itulah pengertian dasar dari SUV di wikipedia, disitu tertera bahwa yang tergolong SUV adalah penggerak 4 roda. tapi sekarang malah pada cupu tuh SUV, bahkan jadi penggerak roda depan aka FWD. Contohnya kayak apa tuh?? CRV, outlander sport, kia sportage, mazda CX5 dan apa lagiii yah.

Yang jelasnya, sudah jarang ane temukan SUV yang RWD kecuali Pajero dan Fortuner.
Lantas kenapa produsen malah meng FWD kan SUV mereka?? menekan cost kah, atau bigimana?Lantas kenapa juga saya mengharuskan SUV itu RWD??

Seperti kita ketahui, bahwa pengerak belakang itu sangat handal untuk tanjakan, kalah pokoknya deh dibanding penggerak depan, malah dalam kondisi full penumpang, mobil FWD di tanjakan bisa slip bannya apalagi di tempat licin. Kecuali kalau dalam perkotaan sih oke oke aja. mungkin kita bisa bikin 1 kategori lagi yaitu City SUV untuk yang penggerak depan ini.. 😀

Di daerah pertambangan semisal kalimantan, kebanyakan SUV yang berseliweran itu kalau bukan pajero, yah Everest atau fortuner. Apalagi yang dilengkapi penggerak 4×4, lebih mantap lagi di pegunungan.

Saya kira cukup dulu, silahkan dikomentarin gan…

Advertisements

5 thoughts on “Harusnya sih SUV itu RWD atau sekalian AWD

  1. Di indonesia itu mengutamakan ke-efisiaenan bbm , mobil dgn berpenggerak roda depan terkenal dengan tingkat efisiensi yang lebih baik dari pada mobil berpenggerak roda belakang , pada kenyataanya mobil berpenggerak roda depan tidak selemah yang kita bayangkan ketika melaju di tanjakan , asalkan kita mengerti triknya semua akan lancar” saja .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *