Lagi Heboh, mesin Honda Sonic 150 klotok-klotok dan cara memperbaikinya

Malam mas bro sekalian. Sejak awal dimunculkan pada motor CB150R lama, mesin dengan kode K45G ini memang sudah terindikasi mengalami klotok-klotok.
Apakah itu klotok-klotok? istilah ini pertama kali R2M dapat dari Honda dulu kala, saat sang Macan aka Tiger R2M mengalami penyakit yang sama.
Apa penyebabnya? biang kerok dari klotok ini adalah Lift Assy Tensioner, atau tensioner rantai keteng yang fungsinya menjaga ketegangan rantai dengan cara menekan karet tensioner.

Nah, kerusakannya karena pegas yang ada dalam LAT ini sudah tidak mampu untuk menahan kencangnya putaran rantai kecil, sehingga rantai kecil jadi lompat-lompat dan akhirnya bunyi klotok-klotok pun muncul. lat3Hal inilah yany ternyata terjadi juga di mesin K45 dan K56 pada honda Sonic 150 sehingga muncul prasangka R2M, penyakit ini adalah penyakit turunan.. 😀
Ada beberapa cara untuk memperbaiki LAT ini, yang pertama adalah memotong pegas sehingga tekanannya bertambah, cara yang kedua adalah dengan menambahkan per yang cukup keras pada batang penonjok tensioner.lat4Untuk mesin GL series sendiri, sudah ada produk aftermarket yang bukan lagi menggunakan pegas, tapi sudah menggunakan per seperti gambar diatas, mudah-mudahan bakal cepat ada juga untuk mesin K series.

Kemudian cara yang ketiga adalah dengan mengganti dengan yang baru..hehehe….
Pengalaman R2M, LAT tiger dulu saya ganti dengan LAT Megapro, dan bertahan sampai SITI di jual, harga lebih murah tapi barang sama persis, R2M sih berpendapat kemungkinan beberapa LAT aja yang jelek produksinya.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *