Generasi Honda Supra: Sejarah, Spesifikasi, dan Keunggulan

Roda2makassar.com – Hallo semuanya! Apa kabar? Pasti pada sehat-sehat ya. Kali ini kita akan membahas tentang salah satu motor legendaris dari Honda, yaitu Honda Supra. Motor ini sudah ada sejak tahun 1997 dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya. Tapi tahukah kamu bahwa Honda Supra itu ada beberapa generasi? Dan setiap generasi punya ciri khas dan keunggulan masing-masing. Nah, di artikel ini kita akan mengulas secara detail tentang generasi Honda Supra, mulai dari sejarahnya, spesifikasinya, sampai kelebihan dan kekurangannya. Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Generasi Pertama Honda Supra (1997-2002)Generasi Honda Supra

Generasi pertama Honda Supra lahir pada tahun 1997 dengan nama Honda Asrea Supra 100. Motor ini merupakan motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin modern 4-tak berkapasitas 100 cc. Desainnya pun sporty dan elegan dengan pilihan warna hitam, merah, biru, dan hijau.

Kemudian 2001 model yang sama namun penambahan fitur cakram pada Honda Supra X 100 menjadi motor yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena memiliki performa yang tangguh, irit bahan bakar, dan mudah perawatannya. Motor ini juga menjadi motor andalan para pelajar dan mahasiswa yang membutuhkan kendaraan praktis dan ekonomis. Tidak heran jika motor ini mendapat julukan “motor sejuta umat”.

Pada model ini ada juga Supra XX dengan kopling manual dan rem depan cakram, serta Supra V dengan kopling manual tanpa cakrama depan.

Namun, generasi pertama Honda Supra juga memiliki beberapa kelemahan, seperti suspensi yang kurang nyaman, suara mesin yang berisik, dan kapasitas tangki bensin yang kecil. Selain itu, motor ini juga sering menjadi sasaran pencurian karena banyaknya komponen yang bisa diganti dengan mudah. Meski begitu, motor ini tetap menjadi motor legendaris yang banyak dicari oleh para kolektor.

Generasi Kedua Honda Supra (2002-2008)

Generasi kedua Honda Supra muncul pada tahun 2002 dengan nama Honda Supra Fit. Motor ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya dengan beberapa perubahan signifikan. Salah satunya adalah mesin yang semakin efisien membuatnya lebih bertenaga dan irit bahan bakar. Motor ini juga memiliki desain yang lebih modern dan futuristik dengan pilihan warna silver, hitam, merah, biru, dan kuning.

Honda Supra Fit menawarkan berbagai kelebihan seperti akselerasi yang responsif, handling yang stabil, konsumsi bahan bakar yang hemat, dan fitur keamanan yang lengkap. Motor ini juga memiliki kapasitas tangki bensin yang lebih besar yaitu 4 liter dan bagasi yang luas yang bisa menampung helm half face. Motor ini juga cocok untuk berbagai kondisi jalan karena memiliki ground clearance yang tinggi dan ban yang lebar.

Namun, generasi kedua Honda Supra juga tidak luput dari kekurangan, seperti bobot yang berat, jok yang keras, dan kualitas cat yang mudah pudar. Selain itu, motor ini juga kurang diminati oleh para pecinta motor sporty karena desainnya yang terlalu bulat dan feminin. Meski begitu, motor ini tetap menjadi motor yang banyak dipilih oleh para pengguna motor bebek yang mengutamakan kenyamanan dan kepraktisan.

Generasi Ketiga Honda Supra (2008-2015)

Generasi ketiga Honda Supra hadir pada tahun 2008 dengan nama Honda Supra X 125. Motor ini merupakan motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin 125 cc dengan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) yang membuatnya lebih bertenaga, irit, dan ramah lingkungan. Motor ini juga memiliki desain yang lebih sporty dan agresif dengan pilihan warna hitam, merah, biru, putih, dan orange.Generasi Honda Supra

Honda Supra X 125 memiliki banyak keunggulan seperti performa yang superior, konsumsi bahan bakar yang efisien, emisi gas buang yang rendah, dan fitur-fitur canggih seperti lampu LED, speedometer digital, rem cakram depan dan belakang, dan sistem pengaman dengan kunci magnet. Motor ini juga memiliki kapasitas tangki bensin yang cukup besar yaitu 5,6 liter dan bagasi yang bisa menampung dua helm full face. Motor ini juga nyaman digunakan untuk perjalanan jauh karena memiliki jok yang empuk dan suspensi yang halus.

Namun, generasi ketiga Honda Supra juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang cukup mahal, suku cadang yang sulit dicari, dan suara knalpot yang kurang ngebas. Selain itu, motor ini juga sering mengalami masalah pada sistem injeksinya yang sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Meski begitu, motor ini tetap menjadi motor yang banyak diminati oleh para penggemar motor bebek yang menginginkan performa tinggi dan teknologi mutakhir.

Generasi Keempat Honda Supra (2015-sekarang)

Generasi keempat Honda Supra muncul pada tahun 2015 dengan nama Honda Supra GTR 150. Motor ini merupakan motor bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin 150 cc dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP) yang membuatnya lebih bertenaga, irit, dan ramah lingkungan. Motor ini juga memiliki desain yang lebih stylish dan dinamis dengan pilihan warna hitam, merah, biru, putih, dan hijau.Generasi Honda Supra

Honda Supra GTR 150 menawarkan berbagai keunggulan seperti performa yang luar biasa, konsumsi bahan bakar yang sangat hemat, emisi gas buang yang sangat rendah, dan fitur-fitur unggulan seperti lampu LED, speedometer digital, rem cakram depan dan belakang, sistem pengaman dengan kunci magnet.

roda2makassar

Otomotif lovers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.