Kopi Kalosi itu bukan Kopi Toraja, tapi Enrekang

Aslkm Wr.Wb.
Selamat sore sahabat nyuruput kopi… Topik yang ringan untuk sore ini dan diluar topik roda2.

Sebagai laki-laki, mungkin sudah kebiasaan untuk minuman yang satu ini, bahkan wanitapun suka walaupun hitam. Dan bagi yang suka kopi, saya ingin meluruskan sesuatu tentang asal muasal kopi terutama dari daerah Sulawesi Selatan.

Mungkin karena daerah ane ini tidak setenar tanah toraja yang merupakan tetangga sebelah, maka yang orang orang biasa sebut adalah Toraja. Jadi Kopi Toraja dan Kopi Kalosi itu adalah beda. Kopi Kalosi itu berasal dari Kabupaten enrekang, dan kopi toraja itu dari Kabupaten Tanah Toraja. Tapi para penyaji kopi atau roaster biasanya memberikan nama kopi kalosi toraja, itu adalah salah.
Berikut contoh produk yang Salah itu,,,
Kopi-Toraja-Kalosi-700x525 toraja_kalosi_black_packing-250_grams TORAJA-COFFEE-BAMBUkopi-torajaiki-coffee-kalosi-toraja url

Dan Saya kira masih banyak lagi produk yang salah itu. Walaupun berbatasan wilayah, Enrekang Kalosi dengan toraja, memiliki cita rasa kopi yang tidak sama, ini dipengaruhi oleh letak geografis serta kondisi tanah. Berikut cita rasa khas kopi Kalosi yang sempat memenangkan Speciality kopi No.1 dan 2 Kontes Kopi Specialty Indonesia 2008, di Jember,Jawa Timur. Kontes ini memperlombakan aroma dan citarasa berbagai komoditas kopi dari seluruh daerah penghasil kopi di Indonesia. Kontes diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, beserta Excelso, Kapal Api, dan Bank Pembangunan DKI Jakarta.

Hasilnya, juara satu dan juara dua direbut oleh Kabupaten Enrekang. Juara pertama, Kelompok Tani Putra Korok dari Desa Bonebone. Juara dua pun juga jatuh di Enrekang, atas nama Kelompok Tani Mammesa Patekkong(Anggotanya adalah sepupu2 ane), dari Desa Buntu Sarong, Kecamatan Masalle (Enrekang). Juara ketiga direbut oleh sebuah kelompok tani dari Kayo, Nanggroe Aceh Darussalam.
Berikut daftar cita rasa yang dimiliki oleh kopi Enrkang kalosi dari daerah benteng alla Utara.

Untitled
Pict from Derbu Sumule, salah satu anggota Mountain Top Coffee Intrnasional Indonesia yang terkagum kagum dengan cita rasa kopi daerah ini.

jenis kopi yang banyak di kembangkan di daerah ini adalah Arabica typica yang hanya bisa dibudidayakan pada daerah ketinggian 1.500 di atas permukaan laut itu bahkan menjadi kopi langka dan tertua di dunia. Di Indonesia, jenis kopi ini hanya bisa tumbuh di Kabupaten Enrekang. Perkebunan kopi yang dikembangkan oleh rakyat ini tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Bungin, Baraka, Alla, Buntu Batu, Curio, Masalle, Baroko dan sebagian kecil di wilayah Kecamatan Enrekang, Malua dan Anggeraja.

Nah, itulah sekilas tentang kopi Kalosi, kopi dari daerah roda2makassar berasal. rencana nanti ultah roda2makassar, admin akan buatin kuis deh dengan hadiah kopi olahan orang tua ane sendiri. 🙂

Bagi yang ingin liat videonya di coffee story nih ane kasi juga..

Sumber gambar : http://philocoffeeproject.wordpress.com/

Advertisements

8 thoughts on “Kopi Kalosi itu bukan Kopi Toraja, tapi Enrekang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *