Pendapat R2M tentang si tangan Besi Tawan

Aslkm dan selamat sore.
Setelah membaca berita yang sedang gempat di Indonesia, dimana salah satu putra Bali I Wayan Sumardana atau Tawan, berhasil membuat sebuah robot untuk tangan kirinya yang katanya mengalami kelumpuhan. Yang uniknya lagi, tangan ini digerakkan melalui perintah dari fikiran Tawan melalui rangkaian elektronik yang dipasang dikepalanya. ini salah satu video tentang aktifitas tawan di tempat kerjanya.

Video ini sangat jelas memperlihatkan bagaimana kesempurnaan alat ini sendiri menurut R2M, kalau tawan bilang belum sempurna, justru bagi R2M ini sudah sangat hebat.

Hebatnya dimana? kontrol otaknya yang paling utama, semua pergerakannya pun sangat halus, mirip dengan gerakan lengan atau tangan orang normal. tidak ada lag atau jeda sedikitpun, sangat perfect. dalam video juga bisa dilihat bagaimana koordinasi dengan tangan kanan juga sangat harmonis dan sempurna, ketika tangan kanan perlu bantuan, langsung refleks tangan robotnya itu aktif membantu.

Tapi, disinilah kejanggalannya menurut R2M, selain yang sudah banyak diberitakan tentang alatnya dari komputer bekas yang terkoneksi secara amburadul, pergerakannya yang sangat sempurna inilah yang menjadi kejangganlan utama.

Sekarang pertanyaanya sebenarnya adalah bukan alatnya bagi R2M, tapi apakah tangan Tawan ini memang benar-benar lumpuh.

Advertisements

2 gagasan untuk “Pendapat R2M tentang si tangan Besi Tawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.