Advertisements

membersihkan sensor Kamera DSLR yang Kotor

membersihkan sensor Kamera DSLR.
Malam reader. Semoga dalam keadaan sehat walafiat, Sudah beberapa bulan terakhir ini, DSLR yang setia menemani R2M memiliki sedikit masalah yaitu pada hasil gambar yang bernoda alias Dent, pada awalnya R2M curiga pada lensa standar yang kemungkinan sudah berjamur, namun ketika R2M tukar dengan lensa yang lain ternyata hasil gambarnya pun sama saja, noda tersebut tetap ada. berikut contoh gambar bernoda tersebut. Kayak UFO kan..!!!!:D

Langkah-langkah

Setelah ubek-ubek om google akhirnya bertemu dengan beberapa tutorial menghilangkan UFO ini, yang pertama adalah dengan mebersihkan sensor secara otomatis melalui cleaning image sensor yang sudah tersedia di kamera DSLR, contoh dibawah menu untuk tipe Nikon D5100.Tinggal tekan OK dan cleaning pun akan berjalan sendiri.

Namun yang pertama ini tidak membuahkan hasil pada kamera R2M, terpaksa harus mengikuti langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan peralatan tempur sebagai berikut.
terdiri dari stik pembersih, cotton bud, cairan pembersih dan peniup debu.

Langkah pertama adalah membuka optik agar sensor kamera dapat terlihat, masuk ke menu setting, dan pilih lock mirror up for cleaning.Tekan ok, kemudian tekan shutter untuk membuka.

Posisi tertutup
posisi terbuka

Setelah terbuka, tiup pake blower roket dan jangan meniup langsung dengan mulut.Posisi usahakan menghadap kebawah biar debunya jatuh.
Selanjutnya adalah membersihkan sensor dengan cairan khusus menggunakan cuttonbud atau stik pembersih. Sapu  dengan cara vertikal atau horizontal, kemudian bersihkan lagi dengan cutton bud yang kering untuk mengeringkan, sekaligus tiup dengan blower roket agar cepat kering.

Dan hasilnya adalah

Noda Sudah hilang

Yes, berhasil, noda yang selama ini mengganggu pemandangan akhirnya hilang ditelan cairan pembersih. itulah cara-cara membersihkan sensor kamera DSLR, semoga bermanfaat.

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

2 thoughts on “membersihkan sensor Kamera DSLR yang Kotor

  • Dwi Okta Nugroho – Berimajinasi, Berkarya, dan Berjuang di Blog Kasamago.com dan DwiOktaNugroho.wordpress.com
    Agustus 24, 2016 pada 2:37 pm
    Permalink

    cairannya ada di semua toko aksesoris kamera g gan??

    br g gampang kena debu, ribet nya di simpet di Dry Box

    Balas
    • thoduri – surfing with love
      September 2, 2016 pada 2:43 pm
      Permalink

      kemarin belinya di online mas, tapi pasti ada kok di toko kamera. hunting2 aja

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.