Line Up Skutik Mahindra India

Siang Sobat R2M.
Kali ini kita nyebrang ke negeri Hindustan India, salah satu pabrikan besar selain Bajaj, TVS, dan Mahindra. HERO motor Corporation, pabrikan yang dahulu bernama Hero Honda yang kemudian berdiri sendiri dengan Brand HERO pada tahun 2013 lalu.

Nah, alih teknologi dari honda membuat Hero cukup disegani di India sana, terutama dari segmen sport dibawah 250 cc yang memang sangat menggiurkan. Disegmen ini sport Hero memasarkan 22 jenis sport dengan berbagai kubikasi. mulai dari 100 cc sampai 225cc.

Tapi kali ini R2M akan bahas segmen lain dulu yaitu segmen skutik yang merupakan pasar no.1 ditanah air. ada 4 jenis skutik yang dipasarkan oleh HERO yang bukan pulpen ini, berikut ke 4 skutik hero tersebut:

  1. HERO MAESTRO EDGE
    maestro maestro2Cukup unik dengan tutup tangki yang berada di belakang jok, kelihatan eksklusif penempatannya. Berkubikasi 110,9 cc dan power maksimal 6.2 kW (8.31 BHP) @ 8000 rpm, masih menggunakan Karburator dengan lampu belakang yang sudah led. Harganya INR 49,700 untuk velg biasa dan INR 51,150 untuk velg CW.
  2. HERO MAESTRO
    maestro3 masetro4Versi lain dari Maestro ini dibuat cukup elegan, beda dengan Maestro Edge yang lebih dinamis dengan sudut-sudunya. Kubikasi 109 cc atau lebih kecil dari Maestro Edge, 6.0 kW (8.05 BHP) @ 7500 rpm. Tak ada yang spesial dari motor ini sendiri, mungkin ini adalah versi murah dari Maestro Edge diatas. Harga di India adalah INR 48,600.
  3. HERO PLEASURE
    pleasure pleasure2Seperti namanya, motor ini diperutukkan bagi kaum muda yang suka plesiran atau berjelajah, plus bagasi yang cukup unik dengan lampu pada bagasi bawah jok. Mesin sendiri berkubikasi 102 cc dengan maksimal power 5.15 kW (6.91 BHP) @ 7000 rpm. Harganya INR 46,775 untuk alloy whell dan INR 45,275 untuk velg biasa.
  4. HERO DUET
    duet duet2 duet3Nah, yang ini merupakan versi terkahir dari skutik Hero ini, DUET dengan kubikasi mesin 110,9cc dan maks power 6.2 kW (8.31 BHP) @ 8000 rpm. Eksternal fuel filling sama seperti mobil f1 nih, langsung colok nozzle bensin dan bagasi dengan lampu serta usb charging buat gadget anda. Harganya INR 49,250.

Yang unik dari semua motor HERO ini adalah teknologi yang mereka sebut Integrated Brake System, sistem yang R2M lihat hampir mirip dengan teknologi Combi Brake System pada Honda namun pada HERO ini mereka melakukannya dengan cukup sederhana, karena semuanya masih menggunakan sistem pengereman DRUM Brake maka terdapat 2 tali rem yang tersambung ke roda depan. hero hero21 tali untuk braking rem depan, dan 1 tali lagi untuk braking roda belakang plus roda depan. Artinya saat rem belakang ditarik, otomatis rem depan akan ikut tertarik. tuas rem belakangĀ  tersambung dengan 2 tali rem, yaitu belakang dan juga depan. Pokoknya samalah dengan Combi Brake nya honda tapi ini sangat-sangat sederhana.

mungkin ini bisa jadi inspirasi bagi modifikator tanah air. šŸ˜€ pabrikan mah susah, semuanya sudah pakai disk brake didepan.

 

Advertisements

One thought on “Line Up Skutik Mahindra India

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *