Advertisements

Kisah Suzuki Address dan Pandemi Covid 19

Roda2makassar.com – Halo bosku semua, akhirnya datang lagi dengan artikel yang berbau kisah nyata alias pengalaman pribadi R2M, cerita dimana ada kisah unik, entah kebetulan atau memang jodoh antara Motor Suzuki Address yang R2M beli tahun lalu dengan Pandemi Corona ditahun yang sama.

Awal kisah kebersamaan dengan Motor Suzuki Address ini bermula sejak bulan Maret 2020, bulan dimana Covid 19 sudah mulai masuk ke Indonesia, dan R2M memutuskan untuk membeli motor secara Kredit, tebalkan saja biar jadi pengingat bahwa itu adalah poin awal cerita seru yang bakal diulas sampai paragraf terakhir nanti.Suzuki Address dan Covid 19

kenapa R2M kredit? jadi gini ceritanya, sebelum Covid 19 merebak, Blog ini sempat mendapat support dari PT. Suzuki Indomobil Sales selaku agen tunggal pemegang Merek Suzuki Tanah air baik Roda dua maupun Roda 4, perpanjangan tangannya untuk wilayah Sulawesi yaitu PT. Sinar Galesong Mandiri yang ada di Jl. Pettarani Makassar, jadi tiap bulan dan sudah berjalan 2 tahun lebih, ada sedikit support untuk blog ini yang R2M perkirakan akan terus berlanjut kedepannya dan itulah yang akan dipakai untuk menyicil motor ini, alasan itu juga yang mendasari pemilihan brand Suzuki ini, masa dana dari Suzuki, R2M malah nyicil Kawasaki, kan ngak sopan bosku, walaupun sah-sah saja.

Pengajuan kredit berjalan mulus tanpa kendala, hari ini Survey, besoknya motor langsung tiba, namun ternyata selanjutnya tidak semulus yang R2M fikirkan, bulan Maret, apri hingga Mei 2020, pandemi Covid 19 ternyata makin tak terkendali di Indonesia, aturan bekerja dari rumah makin ditingkatkan hingga akhirnya lock down dimana-mana, pihak pabrikan otomatis mengikuti anjuran tersebut hingga ekonomi nyaris tidak bergerak, PT. SIS yang mulai kelabakan dan menghentikan bantuan yang Blog dapat selama ini dan parahnya, itu adalah cicilan buat si Desi alias Suzuki Address.

Mau gimana lagi, akhirnya bulan Juni 2020, R2M harus bayar sendiri, namun ada angin segar kala itu, dimana pemerintah mengeluarkan peraturan relaksasi bagi para kreditur, yaitu penundaan cicilan selama 3-4 bulan namun dengan syarat harus lunasi dulu bulan berjalan, okelah tidak apa-apa, mungkin setelah beberapa bulan kedepan, support tersebut bakal cair lagi.

Juli sampai Oktober 2020, tanda-tanda bantuan belum bisa terlihat, justru malah Pandemi covid 19 makin merebak tak terkendali hingga waktu relaksasipun habis, dan akhirnya pada bulan November 2020 si Desi pun R2M relakan untuk kembali kepemilik BPKBnya alias Leasing.

Kenapa R2M tidak lanjut saja bayar perbulannya? selain pos pendapatan memang tidak ada untuk kredit motor, disinilah juga ilmu aljabar yang dipelajari selama bangku Sekolah hingga kuliah diterapkan, lanjutkan cicil sendiri, R2M masih bakal membayar dengan total hingga 24jutaan, dan ini adalah motor dengan harga 18jutaan, jual nanti juga paling laku 8 Jutaan, ya sudah ikhlaskan, fikirku.Suzuki Address dan Covid 19

Opsi lain juga ada, yaitu over kredit ke orang lain, namun ini R2M coret karena bakal ribet minta ampun kalau yang take over bermasalah, pasti bakal merepotkan pihak pertama alias R2M sendiri walaupun orang tersebut keluarga atau teman sendiri, cicilan terlambat, menunggak hingga hilang atau apapun itu, pasti bakal kena imbas ke R2M, ya sudah opsi ini gugur secara mutlak.

Cerita belum selesai pemirsa, kembali lagi ke si Desi yang sudah ditarik Leasing, berdasarkan info dari sang kolektor kala itu bahwa R2M bisa saja kembali mengambil motor ini melalui lelang oleh pembiayaan, wahh, angin segar nih, artinya ada kemungkinan nanti Desi akan kembali kerumah namun dengan status LUNAS dan harga yang lebih rendah dari sebelumnya.

Namun sialnya, R2M dapat info beberapa hari setelah lelang, motor telah diambil salah satu pedagang Mokas alias motor bekas di kota Makassar, cek ricek siapa pemenangnya ternyata cukup gampang, berdasarkan hasil pencarian di marketpalce Facebook, wow, ketemu dengan si Desi yang sedang di iklankan di Harga 10jt lbh dikit, kalau mau cicil 4ratusan selama 3 tahun, setengah dari cicilan yang R2M bayar dulu, tapi opsi Kredit sudah benar-benar kapok buat di Desi.

Tanpa fikir panjang, langsung meluncur ke tempat nginap Desi di Jl. Dg. Tata Makassar, cek unit serta sedikit nego dengan si pedagang dan akhirnya deal diangka 10 juta, titip tanda jadi dan keesokannya, dijemputlah dia kembali kerumah, jodoh memang tidak kemana.

Setelah ditarik leasing, bagaimanakah kondisi Desi? setelah cek cukup lama, memang ada beberapa parts yang ternyata sudah diganti, dan itu sudah lumrah kalau motor ditarik, seperti ban atau parts lain yang mudah ditukar, namun masih mulus sih menurut R2M, malah ban depan jadi baru lagi karena diganti oleh pedagang mokas tempat beli.

Ternyata imbas pandemi Covid 19 memang sangat berpengaruh kemana-mana, semoga obat atau Vaksin dari Cvid 19 ini segera dibagikan kepada masyarakat umum agar kondisi kembali menjadi normal, dan saran R2M, jangan takut untuk di Vaksin, tetap patuhi protokol kesehatan serta jangan lupa bahagia. πŸ˜€

β€œTulisan ini diikutkan dalam #TantanganBlogAM2021”

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

2 thoughts on “Kisah Suzuki Address dan Pandemi Covid 19

  • Februari 22, 2021 pada 11:53 am
    Permalink

    Tabe om, koreksi sedikit…Covid kayaknya tahun lalu om, 2020 bukan di 2019.
    Btw, thanks for sharing…kredit mmg ngeribanget, hehehe

    Balas
    • Februari 22, 2021 pada 12:32 pm
      Permalink

      wahaha,, siap om, betul. gara2 19 jadi ingatnya tahun 2019. πŸ˜€ πŸ˜€ thank om ogi.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: