Mengapa YAMAHA Tetap dominasi Penjualan di Teritorial VII ???

Artikel ini terinspirasi dari artikel Mas Iwan banaran Yamaha masih belum terkalahkan di teritori VII dimana yamaha Tetap mempertahankan Tahta penjualan di atas HONDA yang mencapai 51,7 % untuk penjualan Bulan September 2012…woww…. Sisanya adalah HONDA dan lain lain…

Nahh,,, dsini saya akan paparkan sedikit kenapa MEREK aka BRAND Yamaha sangat melekat dan tertanam dahsyat di hati masyarakat SULAMPAPUA,sulawesi,maluku,papua (teritorial 7).

Minset Yamaha dimulai pada era mesin 2 tak tahun 90an-2000an, memang pada saat itu honda mendominasi penjualan, tapi dengan gigih, yamaha mengeluarkan produk2 superior mereka, yang paling melekat di masyarakat ada 2 motor, yaitu untuk sport di wakili oleh RX KING, dan bebek oleh F1ZR.

bentuk topografi alam saya kira berperan penting dengan suksesnya ke 2 motor ini di pasaran regional 7, ciri khas pegunungan yang dengan setia di temani tikungan dan tanjakan yang menantang lah yang menyebabkan ke 2 motor ini laris manis kacang goreng dan secara perlahan mulai mendekati HONDA.

HONDA terlena saat itu dengan hanya mengandalkan sosok SUPRA bermesin grand di kelas bebek dan GL PRO/mega pro di segmen sport, tapi coba agan bandingkan, di jalanan tanjakan SUPRA vs F1zr Atau KING vs GL PRO??????
Saya yakin YAMAHA menang mutlak.

Kala ini (masih era 90an) honda sangat gencar dengan iklan irit nya, tapi maaf, kami orang TIMUR (termasuk saya) bukan orang pelit dan tidak bisa tergoda dengan mudah, kami hanya ingin performa. irit hanya pertimbangan paling buncit. itulah kenyataan yang terjadi di masyarakat.

Faktor lain yang berpengaruh dalam penanaman mainset dari yamaha adalah dari  faktor promosi, kala itu balapan hanya di dominasi oleh yamaha dan suzuki. otomatis ini sangat mendongkrak penjualan mereka. Anak muda pasti ingin mempunyai motor yang sama dengan motor yang menang di road race. Honda tanpa taring, tenggelam di sisi ini. bahkan suzuki bisa dengan mudah menaikkan penjualan mereka hanya dari faktor ini.

memasuki era 4 tak awal 2000an, yamaha dengan mudah pun membuat motor2 mereka langsung di terima oleh masyarakat. dengan senjata jupiter dan vega yang power nya di atas supra (lagi). Arena balapan pun dikuasai dengan hanya mendapat perlawanan dari shogun, supra (lagi lagi) akhirnya menjadi motor bapak2.

kesimpulan, kejayaan era 90an-2000an lah yang saya yakin membuat masyarakat regional ini tetap tertanam di fikiran mereka, kemudian power serta performa motor yang memang di atas HONDA sehingga pantaslah kalau sampai sekarang penjualan YAMAHA tetap no 1 di kawasan ini.

Iklan

15 thoughts on “Mengapa YAMAHA Tetap dominasi Penjualan di Teritorial VII ???

  1. Betul….bro….saya lahir di kalimantan…., aspek performa dan kemudahan perawatan memang jd alasan utama, klo di daerah luar kota ( kalteng – kaltim…) Yamaha punya nama….., tp klo di kota sih….Honda unjuk diri….sih….., eh,,,ya …Suzuki juga masih punya banyak fans di Kalimantan….mungkin lebih karena ketahanan engine-nya….

  2. mantab bro info nya…klo inget performa n cepat saya jadi ingat Mantan Wapres RI Bpk. Jusuf Kala dng motonya “lebih cepat lebih baik” dan memang cocok dengan artikel anda. Saya jadi tahu sejarah knp yamaha begitu kuat di teritori VII. Tapi maaf klo boleh saya bertanya latar belakang anda memilih vario yg notabene ini bukan merupakan penguasa pasar disana?
    Thank’s bro.

    • THanks dah mampir mas bro.. 🙂
      simpel aja gan, Penguasa pasar, belum tentu ane pilih… hehehehe…
      Singkatnya,ane di perkotaan gan (Makassar). Ane perlu motor yang tetap adem dalam kemacetan, solusi=motor dengan water cooling=VARIO. Xeon memang ada dari YAMAHA. tapi, maaf, harga jual kembali, anjlok drastis untuk daerah Sulawesi. 🙂

  3. brarti honda menang di jawa aja yah?
    tp ane jg buktinya nie, tinggal dimaluku beli yamaha tp yg dijawa belinya vario…

  4. Ping balik: SUZUKI masih bernafas di SULAWESI | RODA 2 MAKASSAR

  5. keunggulan lainnya yamaha bermesin tebal terbukti bisa OS sher tiger kanibalisme?? trus bgmn dgn supra yg suka pke cdi dan karbu rx king!! knalpot juga perhtikn lbih than krat n lgi2 tebal body juga gak mudah pecah (alot) responsif napas panjang.. dll.. wjar aja kalie yamaha lbih laku.. dan smakin didepan..

  6. ditambah kekecewaan masyarakat kepada bbrp produk honda diantaranya: gran,impresa,legenda,legenda2 yg kolong chasisnya (diatas ban blakang) suka karat sampe bolong gara2 insinyur.a lupa makein cover..

  7. Ping balik: Semester Pertama 2017, Yamaha Unggul Atas Honda di wilayah Sulawesi Selatan | RODA 2 MAKASSAR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s