DIY : Ganti karbon brush dinamo kipas karimun kotak

Malam mas daeng sekalian.
Sebenarnya pekerjaan ini sudah dari minggu lalu R2M lakukan, namun baru kali ini bisa di share ke teman-teman yang punya karimun kotak ataupun memakai kipas radiator karimun kotak seperti beberapa pengguna jimny atau mobil lain yang memakai part ini.

Awal mulanya si mumun naik panasnya hampir full ketika dipakai di siang hari, cek percek ternyata kipas harus di ketok dulu baru terputar, akhirnya R2M langsung vonis karbon atau arang dinamo kipas yang habis dan memutuskan untuk bongkar besok harinya.

Bongkar kipas cukup mudah, hanya melepas selang radiator bagian atas, namun terlebih dahulu buka air radiator dan sambungan kablel fan kemudian buka 3 baut pengikat kipas yaitu 2 diatas dan 1 dibawah. Maaf poto tdk ada karena bagian ini R2M anggap cukup jelas.hehehe..

Lanjut angkat gelondongan kipas dan buka bilah terlebih dahulu dengan kunci 8, dilanjut dengan buka dinamo dari rumahnya dimana dipegang oleh 3 baut.

image

Setelah terpisah, lanjut bongkar dinamonya dengan membuka pengait dibagian bawah dinamo.

image

Nah, sudah terpisah dari magnet, lanjut dengan melepas pantat dimana arang bertengger dengan manisnya. 😀 tuh terlihat juga kotoran yang banyak dari ausnya carbon.

image

Trenggg… Tuh arang alias carbon tinggal beberapa mili aja.

Selanjutnya R2M mencari persamaan arang di toko dan yang paling menyamai ukuran nya adalah arang merek modern sebagai berikut

image

Namun perlu di amplas karena ketebalannya lebih.

Abis itu potong aja kabel brush lama dan sisakan kabelnya, sambung dengan karbon baru dan solder jika ingin lebih yakin. Hasil karya R2M tidak nampak karena lupa motret. 😀

Pasang semua kembali seperti semula dan putaran kipaspun sudah berubah lebih kencang. Namun R2M belum mendapatkan hasil yang maksimal karena setelah dicek, tembaga pada as dinamo sudah dalam keadaan tipis juga.

image

Tapi untuk sementara masih bisa dipakai dan menabung untuk dinamo baru nanti.

Sekian dan jika ada kendala hub. Mekanik terdekat anda. Xixixi..

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *