Advertisements

DIY, Perbaiki dan ganti Backlight TV LCD yang Mati

Roda2makassar.com – Siang mas bro Daeng sekalian, artikel kali ini R2M akan share sedikit tentang perbaiki backlight tv lcd sehingga meminimalisir pengeluaran, maksudnya gimana tuh? Jadi ceritanya begini, ada sebuah TV LCD merek LG dirumah yang telah 2 kali masuk bengkel, pertama R2M bawa ke Service Resmi LG Makassar karena backlight atau lampu belakangnya mati sehingga tidak ada gambar sama sekali pada TV, hanya ada suara yang menggelegar jika volume dinaikkan, yaa iiyaa… 😀 😀 namun yang saya dapatkan di servis resmi LG, situkang servis hanya menjumper dengan timah solder 1 lampu backlight yang mati dan 350.000,- melayang.

Nah, rusak yang kedua dengan gejala dan diagnosa yang hampir sama R2M coba untuk jumper juga dan hasilnya Jrenggg…. 1 baris lampu led Modar,hahaha,,, terpaksa masuk tempat servis biasa dengan ongkos 300.000,-.

Namun dari servis yang kedua ini R2M bisa belajar untuk rusak yang ketiga kalinya ini, ternyata cara jumper R2M salah yang menyebabkan 1 baris LED mati modar tanpa kata-kata dan dengan percaya diri kali ini R2M akan bongkar dan perbaiki sendiri serta siapkan dana cadangan untuk masuk servis lagi..hahaha…

Panjang amat curhatnya, langsung saja ke cara bongkar. Buka penutup belakang, casing-casingnya hingga bisa dibuka LCD, Pelapis LCD dan ketemu dengan Backlight LCDnya.

Bongkar TV nya

Casing belakang
Casing belakang sudah dibuka
Balik dan buka Frame LCD
Jangan Lupa Buka sambungan LCD

Kalau sudah buka LCD, dibawahnya masih ada lapisan plastik putih berlapis yang fungsinya menyebarkan cahaya, buka juga maka akan muncullah semua lampu LCD.

Lampu LCD sudah terlihat

Langakah-langkah

Sebelumnya, persiapkan dulu lampu cadangan yang bisa kalian peroleh di toko elektronik, dulu R2M beli seharga 35.000.- 1 biji (baris) dengan jumlah 6 lampu perbiji, inilah yang kita potong dan nanti kita solderkan ke lampu LCD lama yang sudah mati.

Contoh backlight yang akan dipotong

Disini R2M memotong lampu tersebut dan memasang langsung menumpuk lampu lama yang sudah mati, tapi sebelumnya harus ditau dulu jalur positif dan negatif dari rangkaian ini, dan nanti kita akan rangkai secara seri. Perhatikan dulu sisi positif dan negatif dari rangkaian, bisa dilihat di ujung batang lampu.

Tinggal runut positif negatifnya
perbaiki backlight tv lcd
Lampu yang mati
Lampu yang sudah dipotong dan ditempel kelampu yang mati

Untuk soldernya, supaya melengket maka perlu dikelupas dikit jalurnya hingga kelihatan bagian dalam tembaganya, positif negatifnya jangan lupa terbalik, lampu tidak akan menyala, karena dirangkai seri maka 1 lampu yang mati, maka semua akan mati total.

Cara mendeteksi lampu mana yang mati, bisa dengan AVOmeter, namun bisa juga dengan menghidupkan TV dan melihat secara langsung, yang masih menyala akan kelihatan berkedip-kedip kecil, berikut gambar rangkaian sederhana dari penggantian lampu backlight LCD ini.

perbaiki backlight tv lcd
Hasil setelah disambung kabel dan disolder

jika berhasil maka akan menyala seperti berikut…Jrengggggggggggg…..

perbaiki backlight tv lcd
Yeeeeee….berhasil

Tinggal rangkai ulang TVnya berkebalikan dari membongkar tadi. dan mari kita nonton fesbooker bersama-sama. Sangat meminimalisir pengeluaran kan? 😀 😀 

Demikian cara perbaiki backlight tv lcd, semoga bisa jadi bahan untuk membongkar sendiri TV anda, jika ada yang berhasil alhamdulillah dan jika ada yang malah tambah rusak, R2M tidak bertanggung jawab akan hal tersebut. 😀 😀 jika ada pertanyaan silahkan hub. saja, nanti R2M bantu sebisanya, dan yang paling utama adalah Keberanian dan tanggung resiko masing-masing..heheh… Ciaooo…

Baca juga

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

15 tanggapan untuk “DIY, Perbaiki dan ganti Backlight TV LCD yang Mati

  • November 24, 2017 pada 2:30 pm
    Permalink

    nice artikel gan..

    btw acara sampah kok ditonton

    Balas
    • November 24, 2017 pada 3:57 pm
      Permalink

      hahahaa,,, pas hidupin, itu yang muncul gan.. 😀 😀

      Balas
  • Februari 1, 2018 pada 10:35 pm
    Permalink

    lampu led nya brp 1 pak qt belikan? beli dimana?
    saya jg begitu televisiku..

    Balas
  • Februari 1, 2018 pada 10:37 pm
    Permalink

    berapa qt belikan 1 lampu led.nya? beli dimana lampunya?
    saya bgitu televisiku..

    Balas
    • Februari 2, 2018 pada 2:35 pm
      Permalink

      35 ribu 1 baris. ada 6 titik lampunya. beli di veteran elektorik

      Balas
  • April 18, 2018 pada 12:53 pm
    Permalink

    Kalo Cara jumper gmana yg bener?

    Balas
    • April 18, 2018 pada 1:21 pm
      Permalink

      jumper jika cuma 1 yang mati, tinggal hubungkan saja ujung kutub lampu. positif sama negatifnya.

      Balas
      • April 18, 2018 pada 1:54 pm
        Permalink

        Cara jumper yg salah bgmana? Yang bikin 1 Bari’s mati? Biar Kita nggak ikuti 🙂

        Balas
        • April 18, 2018 pada 2:05 pm
          Permalink

          saya jumpernya langsung potong jalur di tengah2 baris lampu. hubungkan positif dan negatif, akhirnya koslet semua.

          Balas
  • Juni 7, 2018 pada 11:18 pm
    Permalink

    Hebat ,tapi perlu diingat pula led itu ada dua persi ,ada yang 3volt dan ada yang 6volt

    Balas
  • Desember 22, 2018 pada 7:28 pm
    Permalink

    Kasus yg sama bosku…saya jumper jg ..ada total 5 backlight yg mati dalam 3 baris…sdh sy order di bukalapak..barang dah datang trus sy kerjakan…hasilnya nyala sih tapi cuma 4 detik trus mati lagi….
    Knp koq bgitu bosku…mohon bantuanta…

    Balas
  • Desember 22, 2018 pada 8:30 pm
    Permalink

    Kasus yg sama bosku…saya jumper jg ..ada total 5 backlight yg mati dalam 3 baris…sdh sy order di bukalapak..barang dah datang trus sy kerjakan…hasilnya nyala sih tapi cuma 4 detik trus mati lagi….
    Knp koq bgitu bosku…mohon bantuanta…

    Balas
    • Desember 28, 2018 pada 7:46 am
      Permalink

      coba ulangi solder2nya, kalau lednya yang mati, berarti wattnya kekecilan. tidak cocok dengan wattnya tipita.

      Balas
  • Januari 12, 2020 pada 3:49 pm
    Permalink

    Mantap sekali tutor na daeng…ini baru tukang servis handal bukan kaleng2 tawwa…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: