Mendarat di Makassar, Seberapa Besar Peluang Honda CRF150L Ini di Pulau Sulawesi?

Roda2makassar.com – Selamat sore pembaca sekalian, waktunya untuk membahas sedikit tentang motor terbaru dari Honda di segmen Adventure atau Trail yaitu Honda CRF150L yang pada hari Jum’at kemarin berhasil mendarat dengan sempurna di Makassar, ini merupakan kota pertama diluar pulau jawa yang mendapatkan jatah unit Honda CRF150L, artinya ada sebuah harapan besar dari PT. Astra Honda Motor terhadap kawasan timur Indonesia ini khususnya pulau sulawesi.

Pasar trail memang cukup padat di pulau sulawesi ini, hampir sebagian kabupaten adalah pegunungan yang merupakan pasar utama dari KLX dan CRF, seperti Bone, Sinjai, Enrekang, Toraja dan toraja Utara, Luwu Timur dan Barat, Mamuju, Mamasa, Majene, palu hingga Manado, ini pasti jadi faktor utama Astra motor memprioritaskan daerah ini disamping Bagian Tumur Indonesia lainnya.

Mungkin sudah diketahui semua jika kemarin-kemarin, Kawasaki KLX 150 memang jadi primadona satu-satunya di segmen trail ini, terbukti dengan menjamurnya pengguna KLX dimana-mana, bahkan di tempat yang bukan habitatnya pun yaitu dalam perkotaan, KLX dipakai sebagai motor harian, tak ada pilihan lain, itulah alasan utamanya, ada sih dari pabrikan non jepang namun itu tak mampu menggoyahkan niat para real Adventure tanah air.

Lantas Gimana peluang Honda CRF150L ini melawan Kawasaki KLX150, kita bahas sedikit mulai dari pricing strategy, Harga yang Astra motor patok untuk Makassar terhadap CRF150L ini memang terbilang cukup murah, gimana tidak, harga OTR Jakarta yaitu 33,8 juta hanya berselisih 1,4 jutaan dengan harga Makassar yaitu 33,2jutaan. Selisih harga yang tergolong murah, bahkan lebih murah dari Skutik yang selisihnya bisa sampai 1,5 jutaan.

Dibanding dengan KLX 150 BF sebagai varian KLX yang boleh dianggap sebanding, PT. Diana Indonesia Makassar memberikan selish harga sampai 2,7 juta rupiah, ini artinya Kawasaki KLX 150 BF akan terlihat overprice dengan harga 35,5juta yang dipatok main dealer di Makassar.

Segi harga ini boleh dibilang adalah faktor terbesar dari Honda CRF150 L ini untuk menggeser dominasi KLX, disamping pastinya adalah After sales Honda yang sudah tersebar dimana-mana.

segi lain yang tentunya akan jadi penggoda pasar trail adalah sistem pengabut dari Honda CRF150 L ini yang sudah berteknologi Injeksi, beda dengan Kawasaki KLX yang masih mengandalakan sistem karburator, disini pasar bakal terbagi dua kubu, ada yang pasti pro dengan karbu dan pro dengan injeksi.

Namun 1 yang patut jadi perhatian Honda sendiri adalah melawan nama besar Kawasaki KLX yang sudah tertanam diotak masyarakat, sama dengan kasus Honda CBR250RR yang sampai sekarang masih sulit untuk menumbangkan Kawasaki Ninja 250 Fi, sebuah strategi khusus harus mereka lancarkan, jangan sampai kasus yang sama terulang kembali.

Namun apapun itu semua, R2M harap Kawasaki Diana Indonesia bisa sedikit mengoreksi harganya sehingga kompetisi disegemen ini berlangsung dengan sehat, selain itu memang After sales Kawasaki masih tergolong minim didaerah-daerah atau kabupaten, ini juga perlu jadi perhatian oleh kawasaki Main dealer Makassar.

Lantas gimana kesimpulannya? Melihat inden CRF150 L yang sekarang terdata di seluruh main dealer Makassar, memang Kawasaki KLX 150 harus berhati-hati terhadap datangnya CRF150 ini. Sekian dulu cerita hari ini, nanti kita lihat gimana persaingan keduanya.

Baca juga

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.