Review dan Test Konsumsi BBM Yamaha Mio Z Mudik Kemarin

Assalamualaikum sobat sekalian.
Sebelum jumatan, R2M ingin share sedikit kepada reader sekalian tentang perjalanan mudik Lebaran Idul Adha kemarin dengan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 265km, touring jarak jauh yang sudah beberapa kali R2M lakukan, maklum pulang kekampung halaman.nonaMotor yang R2M pernah gunakan antara lain si jaguar alias Supra lawas, Si macan Alias Tiger 2000, si belibit alias Beat Lama, Ninja 150 R milik adik, Mio J milik Kakak dan kali ini bersama Mio Z milik adik yang kebetulan berboncengan pulang. Rute kali ini sama seperti biasa melalui beberapa kabupaten Mulai dari Gowa (Rumah)-Makassar-Maros-Pangkep-Barru-Pare-pare-Pinrang-Enrekang-dan Duri(Sampai dirumah)

Untuk pertama kalinya R2M menunggangi Mio Z ini dan langsung touring jarak jauh, kesan pertama adalah this is Mio J, akselerasi dan riding style mirip sama sang kakak, getaran motor cukup terasa di kecepatan 30-70km/jam namun akan hilang setelah mencapai kecepatan 80km/jam ke atas.mio-zTop speed saat riding ternyata kurang memuaskan bagi R2M, dengan kondisi berboncengan atau berat sekitar 110-120kg, Mio Z ini cuma mampu mencapai kecepatan 90km/jam, sama aja dengan mio J yang kubikasinya lebih kecil 15 cc.

Lanjut ke konsumsi BBM, ini yang R2M cukup kaget, metode full to full menggunakan PERTAMAX yang dimulai dari makassar, saat start jarak tempuh adalah 8.125,0km-awal

km.Kemudian riding sampai barru dengan kecepatan biasa, maksimal 85km/jam, diatas itu terpaan angin cukup menggoyang motor ini, yahh cari aman dengan kecepatan segitu. Pas sampai di Barru menjelang Pare-Pare, tangki pun sudah mulai mengosong dan BBM pertamax pun diisikan penuh sejumlah 4,18 liter atau 33.022 rupiah, cek Jarak tempuh di speedo menunjukkan angka 8.273,2strukkm-akhirArtinya Jarak tempuh 8125-8273,2=148,2 km menghabiskan Pertamax sebanyak 4,18 liter atau rata-ratanya adalah 35,4545 km/liter. Hmmm… Masih Boros menurut R2M, apalalgi kali ini adalah touring keluar kota yang harusnya lebih irit dari harian di dalam Kota.

Bandingkan dengan Mio J yang pernah R2M pake mudik juga, Mio J yang berhasil mencatat konusmsi bbm sebanyak 49,2 km/liter. Lihat artikelnya disini.

Apa mungkin ada yang salah yah dengan mio Z ini? 🙂
Jangan Lupa Jumatan bro. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *