Yamaha Cup Race 2018 Pangkep, Sulsel, Dipadati Puluhan Ribu Penonton dan Diikuti 210 Starter

Roda2makassar.com – Hello sobat sekalian, akhirnya Seri ke-5 Yamaha Sunday Race 2018 berlangsung dengan sukses dan meriah berkat hadirnya puluhan ribu penonton yang memadati sirkuit permanen Sobat Pancasila Karaeng Mallombassang Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Sabtu malam (18 Agustus). Selain berlangsung malam hari (night-race), ajang balap ini turut disemarakan oleh pesta kembang api.

Race YCR10 Matic Aerox 155cc Cup Community (1)

Penonton sangat antusias mengikuti jalanya balapan hingga memadati sekeliling area sirkuit. Mereka terhibur dengan sajian balap malam yang terbilang langka serta seru untuk disaksikan. Jumlah total pembalap yang terlibat pada YCR seri-5 ini sebanyak 210 starter dari 10 kelas yang tersedia. Dengan rincian 6 kelas utama dan 4 kategori pembalap lokal.

Kategori bebek 2 Tak std 116 cc atau YCR8 yang didominasi oleh pembalap lokal asal Pangkep, Makassar dan sekitarnya menjadi kelas favorit dengan total partisipan yang mencapai 50 orang. Penonton ikut bersorak-sorai memberikan dukungan kepada rider andalanya, termasuk pada kelas Aerox 155 Cup Community yang dihadirkan khusus untuk komunitas yang tergabung dalam komunitas Yamaha Federation Riders Indonesia (YRFI).

Kategori bebek 2 Tak std 116 cc atau YCR8 Menjadi Kelas Favorit, Tercatat 50 Starter

“Balapan malam itu lebih seru, penonton pasti banyak karena lebih menarik dan night race ini sudah kita selenggarakan sejak tahun 2010. Yamaha yang pertama menggelar balap malam hari di Makassar,” jelas Frengky J. Tunandar dengan bangga selaku General Manager Marketing PT. Suraco Jaya Abadi Motor (SJAM) yang merupakan Main Dealer (MD) Yamaha wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (SulselBar).

Frengky J Tunandar, selaku GM Marketing PT. Suraco Jaya Abadi Makassar (SJAM)

Terkait dengan pencahayaan saat aktivitas night race, lintasan yang memiliki panjang 900 meter ini didukung oleh lampu LED berkekuatan 50-100 Watt dengan jumlah lokasi pemasangan yang mencapai 115 titik.  

“Meskipun race dilakukan saat malam hari tetapi kami tetap mempertimbangkan aspek safety. Karena itu kita siapkan ratusan lampu LED untuk menerangi lintasan sirkuit,” ujar Kadek Suma Adnyana dari Divisi Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir langsung di Yamaha Cup Race 2018, Pangkep.

Selain itu, pria yang berasal dari pulau dewata, Bali, ini mengatakan bahwa event Yamaha Cup Race sangat penting bagi para pembalap lokal dalam rangka meningkatkan kapasitas serta kemampuan balap mereka.

“Banyak pembalap Sulawesi yang memang memerlukan ajang YCR ini untuk pengembangan bakat dan sinergi ke jenjang yang lebih tinggi.”

Kelas Aerox 155 Cup Community sendiri diramaikan oleh 15 peserta yang datang dari berbagai komunitas. Sebelum balapan berlangsung mereka terlebih dahulu diberikan pembekalan teori serta praktek dalam coaching-clinic yang dibawakan oleh pembalap nasional, Rey Ratukore. Bentuk edukasi tersebut yang kemudian diterapkan langsung di sirkuit.

“Ini pengalaman pertama saya balapan di trek permanen dan saya sangat antusias karena night-race,” terang Nur Rahman dari komunitas ARCI asal Makassar yang merebut podium juara Aerox 155 Cup Community.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Muhammad Patriot dari Yamaha Vixion Lovers (YVI) yang finish ke-2. “Ini juga balapan pertama saya, selama ini lebih sering mengikuti turing saja. Kebetulan istri juga datang ikut kasih semangat saya.”

Kegiatan lain di luar balap turut dihadirkan pada event YCR seri Pangkep. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 serta Asian Games 2018, penyelenggara menggelar lomba panjat pinang serta balap karung yang terbuka bagi masyarakat umum. Beragam hadiah menarik telah disiapkan oleh panitia untuk diberikan kepada para pemenang.

“Acara ini seru sekali, soalnya selain balapan ada lomba 17 Agustus juga. Tadi saya sempat ikut yang lomba balap karung, meskipun tidak menang tapi jujur saya terhibur. Selain itu ada balap malam juga kan, itu yang bikin suasana jadi lebih tegang dan karena gelap saya sampai harus desak-desakan maju mendekat ke pagar sirkuit agar bisa melihat balapanya,” ujar M. Arbie Noor salah satu pengunjung yang begitu antusias mengikuti jalanya aktivitas YCR seri-5 Pangkep hingga akhir.

Yamaha Cup Race seri selanjutnya akan digelar di Pontianak, Kalimantan Barat pada 15-16 September mendatanng di sirkuit Gor Sultan Syarif Abdurahman.

Kesuksesan penyelenggaraan Yamaha Cup Race 2018 Pangkep, Sulsel ini didukung sepenuhnya oleh berbagai sponsor penting seperti Yamalube, Idemitsu, Pirelli, Kayaba, NGK, DID, IRC dan supporting Helm NHK.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.