Advertisements

DIY Ganti Kampas Rem Depan Agya

Roda2makassar.com – Ganti Kampas Rem Depan Agya. Halo bosku semua, kembali lagi R2M akan memberikan sedikit pengalaman tentang hal bongkar-membongkar, maklum tangan bakal gatal kalau tidak mengoprek dulu sesuatu yang rusak sebelum dibawa ke bengkel jika ilmu sudah mentok.

Kali ini yang jadi pasien uji coba adalah Ganti Kampas Rem Depan Agya manual tahun 2014 yang sudah menginjakkan kaki di 3 pulau, Jakarta, Sumatera Palembang dan Makassar Sulawesi Selatan.

Saat artikel ini diketik dengan 11 jadi, R2M masih dalam posisi di Kolaka Sulawesi Tenggara dan perjalanan menuju kesini dari Makassar terdapat kendala yang cukup merisaukan hati ditengah perjalanan kemarin, tiba-tiba terdenganr bunyi besi beradu dan seperti tergerus saat rem diinjak, otomatis vonis dr. R2M adalah kampas Rem Depan yang sudah aus, karena sudah malam terpaksa mobilpun dipakai hingga ditujuan dengan konsekuensi piringan tergerus, tapi alhamdulillah aman.

Akhirnya setelah sampai segera mencari kampas rem depan dikota ini dan mendapatkan 2 opsi harga serta jenis, yang pertama adalah Kampas yang dikemas seperti asli namun dengan harga miring yaitu 150ribu 2 pasang, otomatis vonis mengatakan ini adalah barang KW dan yang kedua adalah merek Compact dengan harga 200ribu yang R2M juga baru tahu merek ini.

Searching sebentar di toko sparepart tentang merek Compact ini dan menemukan website serta review yang lumayan bagus, ternyata ini adalah produk dari Thailand, oke kita bungkus yang ini saja, daripada produk KW tadi yang memang finishingnya tidak serapi Compact ini.

Langkah-langkah

Alat yang dibutuhkan cuma dongkrak set, kunci 14 dan kunci roda untuk membuka roda depan.

Urusan dongkrak dan buka ban saya kira semuanya sudah tamat, tinggal lanjut bongkar kaliper Rem, untuk membuka kampas dari kalipernya, cukup membuka 1 baut kaliper dimana terdapat 2 baut atas dan bawah, yang dibuka cuma baut bawah saja.

Kemudian angkat kaliper keatas sehingga kedua kampas rem sudah bisa dilepas.

Tinggal cungkil kampas lama dan pasang kampas baru, namun sebelumnya piston kaliper diperlonggar dengan menekan piston kearah dalam, kalau tidak, maka kampas baru yang tebal tidak bisa masuk kecakram.

Oke, tinggal masukkan kampas bagian dalam dicakram, dan bagian luarnya dipasang dikaliper, untuk kampas bagian dalam jangan lupa pasang besi pengaitnya, ini ada dalam kemasan.

Bagaimana, gampang kan, tinggal pasang kebali baut 14 yang dibuka tadi dan pindah keroda sebelahnya, jangan lupa bersih-bersihkan bagian kaliper rem dan piston karena parts ini sangat susah dijangkau untuk dibersihkan.

Setelah penggantian, bunyi langsung hilang dan untuk review kampas rem Compact produksi Thailand ini bakal R2M ulas setelah pemakaian beberapa lama nantinya.

Demikian tips ganti kampas rem depan agya,  Silahkan titip pertanyaan dikolom komentar.

Advertisements

roda2makassar

Otomotif lovers

16 thoughts on “DIY Ganti Kampas Rem Depan Agya

  • JeckminatoR☠ – CIKARANG JAWA BARAT – saya hanyalah masyarakat biasa,sederhana yang berasal dari kota seribu pantai gunungkidul.Bukan pengamat,ahli tekhnik,ahli teory atau insinyur.menyalurkan hobby menulis dari opini berdasar pengalaman,pengamatan pribadi dan mengolah informasi dari sumber media lain untuk di tuangkan dalam bentuk tulisan yang ringan dan mudah di fahami.berangkat dari filosofi watu lintang dan semangat "rock of south" biarkan cerita dalam coretan blogg ini memulai berjalan....
    Januari 10, 2020 pada 9:49 pm
    Permalink

    Wah perlu nutrisi ekstra ini… Nasi padang 2 porsi…

    Balas
  • warungasep – Tasikmalaya – Warungasep adalah Blog yang membahas artikel yang unik dan menarik seputar info-info terbaru tentang dunia otomotif roda dua baik dalam dan luar negeri, seperti info motor baru, spesifikasi, galeri foto, sketsa motor dan spyshots motor baru, balap motor, Motogp dan balapan lainnya, juga seputar informasi otomotif terkini dan yang akan datang, gosip motor baru bahkan yang belum pernah ada sama sekali…
    Januari 10, 2020 pada 10:23 pm
    Permalink

    Enak kalo bisa sendiri mah ya hemat

    Balas
  • 3835info – https://www.3835.info
    Januari 11, 2020 pada 1:25 am
    Permalink

    Wow di bongkar pasang sendiri. Mantap bang. Jika ke Bali bongkarin pasang punya aku hahaha

    Balas
  • Budi Motorupdate – Boyolali Tersenyum – Saya seorang blogger otomotif dari Boyolali. Pertama kali ngeblog pada November 2012 awalnya sebatas iseng nulis pengalaman pribadi. Akhirnya lama kelamaan menjadi lebih mengarah ke dunia otomotif karena memang saya memiliki hobi di dunia otomotif. Terima kasih telah mampir di blog sederhana saya. Semoga tulisan-tulisan saya bermanfaat bagi pembaca. Aamiin
    Januari 11, 2020 pada 8:46 am
    Permalink

    enak ya kalau bisa bongkar pasang sendiri, jadi lebih praktis dan hemat.

    Balas
  • Anang
    Januari 11, 2020 pada 12:01 pm
    Permalink

    Wah enak nih kalo semuanya bisa bisa dikerjain sendiri.
    Tapi kasihan bengkel, jadi berkurang penghasilannya 😀

    Balas
  • ardiantoyugo – Indonesia – Night Riding Without Seeing...
    Januari 11, 2020 pada 1:37 pm
    Permalink

    saya belum berani kalau dikerjakan sendiri…
    ganti ban saja baru paham belum lama ini… wkwkwkwk…

    Balas
  • imotorium – Jakarta, Indonesia – Senang naik bus, kapal, pesawat. Hobi naik motor sama foto - foto Apalagi makan, perut karet bisa masuk apa aja Imotorium Blog, all about bus, automotive, gadget and traveling Twitter : @imotorium Facebook : Imotorium Fansfage Email : redaksi@imotorium whatsapp : nol-delapan-lima-tiga-satu-satu-lima-tujuh-dua-nol-nol-satu
    Januari 11, 2020 pada 10:46 pm
    Permalink

    kaki – kaki seperti tie rod, balljoint, dll itu aman om? penasaran juga sama durabilitasnya agya ayla ini kalau di jalanan indonesia yang masih kurang mulus

    Balas
  • goozir
    Januari 12, 2020 pada 9:28 am
    Permalink

    Sementara belum bisa mempraktekan tunggu mobilnya dari diler

    Balas
  • IndoRide.com – Indonesia – Seorang pemuda yang mencintai dan punya passion di dunia Roda 2. Senang menulis dan sharing apa yang saya tahu dan saya alami. This is my ordinary blog, selamat berkunjung di IndoRide.com.
    Januari 12, 2020 pada 12:10 pm
    Permalink

    Makin hemat kalau dikerjakan sendiri

    Balas
  • Elang Jalanan – Blogger, Linux admin, MX Rider
    Januari 12, 2020 pada 5:35 pm
    Permalink

    Wow joss suwun sharingnya, bisa buat referensi DIY nanti kl boil udah di garasi

    Balas
  • Marnu Tri
    Januari 13, 2020 pada 11:14 am
    Permalink

    Joss dah,. DIY terniat ini,. ntar kalau waktunya ganti si GD3 di rumah,. boleh lah niru cara ini,.

    Balas
  • A'A – tulungagung
    Januari 13, 2020 pada 5:49 pm
    Permalink

    enaknya nih kalo bisa ganti sendiri…. selain hemat juga skill semakin lihai…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.