Semester Pertama 2017, Yamaha Unggul Atas Honda di wilayah Sulawesi Selatan

Siang Pembaca sekalian.
Memang sangat sulit untuk mendapatkan data penjualan sepeda motor ditiap provinsi di Indonesia, berbeda dengan data nasional yang langsung diumumkan oleh AISI yang bahkan data perbulannya pun ditampilakan sampai ke model atau tipe motor.

Sudah beberapa tahun terakhir ini R2M mencoba untuk mencari data tentang penjualan di wilayah Sulawesi Selatan, namun nihil tak mendapatkan apa-apa ketika mencoba untuk mempertanyakan hal tersebut ke kantor Samsat selaku pihak yang memberikan registrasi terhadap kendaraan roda dua yang diperjual belikan.

Nah, akhirnya sebuah data yang dilansir oleh tribuntimur.com yang dalam kalimatnya mengambil data penjualan dari pihak Samsat sulsel atau Polisi registarsi yang menyatakan bahwa Yamaha pada semester pertama tahun 2017 ini unggul atas Honda dengan marketshare sebesar 62% atau 47.396 unit motor disusul honda dengan marketshare sebesar 34% atau terjual sebanyak 25.942, dan sisanya yaitu 4% adalah gabungan antara kawasaki, Suzuki dan Merek lain (data tidak dimunculkan)

Sebenarnya tak terlalu mengejutkan mengingat Yamaha memang dari dulu merupakan merek yang sangat diminati di Sulawesi khususnya bagian selatan dan pernah juga R2M ulas sedikit tentang alasan kenapa yamaha masih kuat diwilayah ini diartikel sebelumnya disini.

https://roda2makassar.com/2012/10/20/mengapa-yamaha-tetap-dominasi-penjualan-di-teritorial-vii/

Masih dominannya Yamaha merupakan sebuah PR wajib bagi Astra Honda terutama Astra Motor Makassar sebagai main dealer yang sepertinya harus butuh usaha ekstra lagi untuk melawan kompetitor ini, mindset para yamaha lovers memang sulit untuk ditaklukkan, apalagi ditunjang dengan komunitas yang sangat solid, coba bayangkan. YRFI atau Yamaha Rider Federation Indonesia wilayah ini ternyata menaungi 300 lebih club motor Yamaha, sebuah angka yang cukup besar dan patut untuk diacungi jempol.

Last, sepertinya tahun ini jika melihat data diatas, Yamaha sangat berpeluang besar untuk tetap mendominasi wilayah Sulawesi Selatan, dan Honda harusnya tidak tinggal diam dengan keadaan ini. 🙂

Semoga bermanfaat, baca juga

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *