DIY Perbaiki Solder yang Tidak Panas

Roda2makassar.com – Halo bosku semua, artikel kali ini R2M akan bahas tentang bagaimana cara Perbaiki Solder yang Tidak Panas, beberapa waktu lalu R2M ketika lewat di salah satu toko elektronik, mampir dan iseng untuk mencari mata solder dirumah yang mengalami kendala yaitu timah yang tidak melengket, ada beberapa merek yang disarankan oleh penjual dan akhirnya pilih saja 2 biji dengan merek beda sekalian buat tes keduanya.

Kedua mata solder yang R2M beli yaitu merek Visero 10ribu dan suder seharga 8500, dan pas saat beli ini R2M melihat dibagian parts solder ternyata ada juga elemen yang dijual terpisah dan langsung teringat dengan solder lama yang sudah tidak panas lagi sehingga memutuskan untuk sekalian beli 1 biji, harganya juga murah hanya 8500,- merek visero juga, ada merek deko tapi harganya lebih mahal yaitu 25 ribu, karena itu seharga soldernya, jadi putuskan beli yang murah saja. 😀

Langkah-langkah

Langsung saja kita praktekkan ganti elemen sekaligus mata soldernya, yang pertama tentunya membuka semua bagian solder, tinggal buka semua baut dan lepas mata sekaligus elemenya, untuk elemen sendiri potong saja kabel dibagian pegangan dan ditarik kebawah, pasangnya nanti kebalikan.

Kalau sudah dipasang, sambungkan lagi kabelnya dan jangan lupa disolder dan ditutup kembali dengan karet penutupnya, kalau tidak ada bawaan solder, ganti saja dengan isolasi bakar.

Setelah elemen terpasang, kini giliran pasang mata solder yang baru, kencangkan kedua baut pengikat elemen dan mata solder, kemudian pasang kembali pegangan solder.

Sangat mudah kan, tinggal tes dengan timah dan hasilnya, solder lama kembali baru dan serasa solder mahal ala goot.

Oh iya, saat elemen baru pertama kali panas, jangan kaget jika sedikit berasap, ini artinya elemen tersebut bekerja dengan baik dan itu hanya terjadi saat pemanasan pertama kali.

Akhirnya, kini R2M punya 2 solder lagi, dan biasanya untuk yang diperbaiki kali ini fungsinya untuk membolongi atau repair bahan-bahan plastik, sedang solder tembak yang 1 lagi itu khusus untuk elektronik alias terkena timah.

itulah langkah-langkah bagaimana cara Perbaiki Solder yang Tidak Panas lagi.

Advertisements

7 thoughts on “DIY Perbaiki Solder yang Tidak Panas

  1. jadi teringat jaman kerja dipabrik .. disuruh bos bikin Work Instruction solder komponen tertentu padahal gak bisa solder sama sekali cuma bermodal info dri MSDS solder tip dan kawatnya wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.