Kebanggaan Makassar Latihan Keras di Astra Honda Racing Team

Dua pebalap Indonesia yang bertarung di Eropa butuh persiapan matang untuk menjadi lebih kuat dan bisa bersaing dengan pebalap-pebalap lainnya di kelas mereka. Andi Gilang, pebalap Moto3 Junior World Championship dan Dimas Ekky pebalap Moto2 Kejuaraan Eropa telah menjalani latihan fisik yang benar-benar berbeda untuk mendapatkan kebugarannya, mereka tahu betul bahwa training itu menjadi bagian terpenting untuk meningkatkan stamina dan membuatnya bisa menandingi lawan.andi-gilang1

Pealtihan penuh membantu para rider untuk mengatur kebugaran mereka dan fokus memperkuat otot yang diperlukan bagi seorang pebalap motor. Seorang pebalap wajib mengembangkan kuatan isometric untuk bisa menguasai motor dan mengontrolnya ketika akselerasi, pengereman dan berbelok. Keseimbangan diperlukan bagi seorang pebalap untuk mengontrol motor dengan posisi badannya, mengontrol reaksi mesin yang cepat sekali berubah, padahal hanya didukung dengan 2 roda. Satu hal lagi yang krusial adalah melatih ketahanan. Para pebalap harus mampu melewati balapan yang sangat panjang dengan gerakan yang berulang-ulang dan harus bisa menyentuh garis finish. Dengan pelatihan yang benar, membantu melindungi otot mereka dari capek atau cedera, dan bekerja efisien selama melewati balapan yang panjang atau pengulangan gerakan badan di balapan.

Andi Gilang: “Ketika saya tidak di sirkuit Saya bekerja melatih fisik”andi-gilang2

Andi Gilang meninggalkan rumah dan keluarganya di Makassar untuk tinggal di Jakarta, Ibukota Indonesia, ini dilakukan untuk mendekati fasilitas kebugaran untuk mendapatkan performa fisik yang optimal. “Saya tinggal sendiri di Jakarta tapi sebagain besar watku saya tidak di rumah, tapi di tempat training. Kami menghabiskan banyak waktu di sirkuit ketika saya menjalani latihan di Sentul. Biasanya, mulai jam 9 pagi sampai 5 sore, dan kami melakukannya 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Ketika saya tidak di sirkuit, saya bekerja melatih fisik”. Inilah gaya hidup seorang Andi Gilang, dan tentu saja dia sangat menyukai latihan keras di Sentul dengan motornya, tempat dimana Astra Honda Racing Team mempersiapkannya untuk menghadapi kompetisi.

Meskipun dia tahu pentingnya latihannnya fisik, toh Andi tidak merasa nyaman dengan latihan fisik di gym dan lebih senang dengan olahraga di luar ruangan. “Kalau tidak sedang bersepeda gunung, saya memilih berlari atau menggunakan sepeda balap. Saat bersepeda saya bisa menghabiskan waktu dua sampai 3 jam di atas sepeda. Hal ini membantu saya lebih bugar dan menjelajahi tempat-tempat di Jakarta yang belum saya ketahui. Saya selalu mencona tempat-tempat yang baru,” ujar Andi Gilang.

Dimas Ekky: “Kamu harus menemukan latihan yang tepat untuk menghindari cedera”

Andi Gilang, pebalap debutan musim ini di Moto3 Junior World Championship, dan Dimas Ekky memasuki tahun keduanya di Moto2 Kejuaraan Eropa, mengkombinasikan beberapa latihan yang berbeda untuk menghadapai balapan. Selain training di atas motor di Sentul International sirkuit untuk meningkatkan skill berkendaranya dengan Astra Honda Racing Team, juga ditambahi dengan training yang lebih komplet dan dengan dispilin yang tinggi. Lari, bersepeda, berenang dan banyak lagi olahraga lainnya untuk mempersiapkan fisiknya menghadapi tantangan di FIM CEV. Latihan di pusat kebugaran menjadi tempat penting untuk persiapan pelatihannya. “Saya banyak berlatih di gym dengan dibantu trainer pribadi. Kamu harus menemukan pelatihan yang tepat untuk menghindari cedera, dan dia banyak membantu saya. Saya melakukannya pagi dan siang hari dalam beberapa hari,” kata Dimas Ekky. Pebalap berusia 23 tahun ini tahu betul pentingnya pelatihan yang benar untuk meraih tujuan.cev dimas

Dimas Ekky sudah menemukan cara untuk dapat lebih menikmati pelatihan fisiknya. “Saya melatih ketahanan dengan berlari jarak jauh. Saya bergabung dengan sebuah klub lari di Jakarta dan sejak itu saya seirng mengikuti kejuaraan berlari. Saya sudah mengikuti lomba lari 5, 10 dan 20 kilometer dan saya sudah menyelesaikan lomba lari marathon dan triathlon. Dengan mereka saya tidak hanya latihan, tapi juga mendapatkan kesenangan”. Dimas Ekky mengaku bakal mengikuti kompetisi tersebut untuk melatih ketahanan, hanya saja saat ini dia fokus di kejuaraan Moto2 Eropa.

Andi Gilang dan Dimas Ekky terus melatih fisik untuk mengejar mimpinya di dunia balap motor dan meraih juara dunia di masa mendatang. Para pebalap Astra Honda Racing Team ini sudah menemukan langkah yang tepat dan dengan kerja kerasnya, sudah mendekatkan diri ke mimpinya. Saat ini, mereka masih harus bertarung untuk meningkatkan prestasinya di Moto3 Junior Wolrd Championship dan di Moto2 Kejuaraan Eropa.

Iklan

One thought on “Kebanggaan Makassar Latihan Keras di Astra Honda Racing Team

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s